Science and Technology Magazine

Click Here
Click Here

Perbedaan WiFi Dengan WiMax

Memang tak dipungkiri lagi bahwa teknologi menjadikan segala yang tidak mungkin menjadi mungkin. Kian larut menikmati "WiFi" diperpustaan kampus yang cangkupan range-nya hanya sekitar 100meter, ternyata muncul "WiMax" melalui Pengantar Teknologi Informasi yang dimulai pukul 07.00 pagi. Fyuhh..cangkupan range Wimax hingga 50km??? Mungkin saya rasa ini masih terlalu pagi, dan mungkin juga masih didalam mimpi. hehe^^... daripada makin gag nyambung, cekidott aja dehh biar cepet tahu apa itu "WiFi" dan apa itu "WiMax".

Perbedaan antara WiFi dan WiMax



A. WIFI

WiFi atau kepanjangan dari Wireless Fidelity, yakni istilah untuk teknologi wireless berbasis standar 802.11. 802.11 adalah spesifikasi standar yang dibangun oleh IEEE untuk mendefinisikan teknologi wireless LAN dan disetujui pada 1997. 802.11 menjadi tipe starting yang digunakan sebagai standar IEEE untuk W-LAN indoor

WiFi menggunakan standar komunikasi IEEE 802.11b dengan kecepatan 11 Mbps, hanya mencapai cangkupan area yang tidak lebih dari ratusan meter saja.


"Keuntungan Penggunaan WiFi"

Keuntungan dari penggunaan sistem WiFi ini adalah pemakai tidak dibatasi ruang gerak dan hanya dibatasi pada jarak jangkauan dari satu titik pemancar WiFi. Untuk jarak pada sistem WiFi mampu menjangkau area 100-300feet atau setara dengan 30meter-100meter radius.



B. WiMax

WiMax atau juga Worldwide Interoperability for Microwave Access merupakan standar industri yang bertugas menginterkoneksikan berbagai standar teknis yang bersifat global menjadi satu kesatuan. Teknologi WiMax lebih murah dibandingkan dengan teknologi broadband lain seperti digital subscriber line (DSL) atau kabel modem. WiMax dimulai dari tipe 802.16 telah digunakan sebagai standar W-LAN outdoor.

WiMax merupakan saluran komunikasi radio yang memungkinkan terjadinya jalur internet dua arah dari jarak puluhan kilometer. Dengan memanfaatkan gelombang radio, teknologi ini bisa dipakai dengan frekuensi berbeda, sesuai dengan kondisi dan peraturan pemakaian frekuensi di negara user.

Pada awalnya standard IEEE 802.16 beroperasi pada frekuensi 10-66 GHz dan memerlukan "tower line of sight", tetapi pengembangan IEEE 802.16a yang disahkan pada bulan Maret 2004 lalu, menggunakan frekuensi yang lebih rendah yaitu sebesar 2-11 GHz, sehingga mudah diatur dan tidak memerlukan line-of-sight. Cangkupan area yang dapat dicoverage sekitar 50km dan kecepatan transfer data sebesar 70 Mbps. Wwooww, hebat bukan?


"Keuntungan Penggunaan WiMax"

Keuntungan dengan menggunakan W-LAN WiMax ini antara lain:

1.Operator telekomunikasi dapat menghemat investasi perangkat, karena kemampuan WiMax dapat melayani pelanggannya dengan area yang lebih luas dan dengan kompatibilitas yang lebih tinggi.

2.Pengguna akhir akan mendapatkan banyak pilihan dalam berinternet. WiMax juga merupakan salah satu teknologi yang dapat memudahkan kita untuk koneksi dengan internet secara mudah dan berkualitas.

3.Dari segi coverage-nya yang mencapai 50kilometer maksimal, WiMax sudah memberikan kontribusi yang sangat besar bagi keberadaan wireless.

4.Dapat melayani para subscriber, baik yang berada pada posisi line-of-sight (LOS) maupun yang memungkinkan untuk tidak line-of-sight (NLOS).


KESIMPULAN

WiFi digunakan untuk jangkauan jarak dekat di seputar kampus atau kantor sedangkan WiMax untuk memfasilitasi sebuah kota dengan akses wireless internet.

Nahh... untuk mempelajari lebih lanjut dan terperinci lagi, silahkan download file slide-nya disini.

Salam COPANISTI.
"SIGN UP NOW FOR $"
Pixel
powered by Blogger | WordPress by 8Xtreme | Converted by Zha'amattarui